Rabu, 30 Januari 2019

Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos

Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos

Jakarta, Fenomena hoax bukanlah hal baru, sejarah dunia pun banyak diisi oleh cerita-cerita yang terbukti hoax di kemudian hari. Dunia sains, dunia militer bahkan dalam urusan agama sekali pun terdapat banyak berita hoax yang bertebaran dari masa ke masa. Dari hoax serius yang mempertaruhkan dan bahkan mengorbankan ribuan nyawa hingga hoax sepele yang sekedar menggelikan para pembaca atau pendengar sebuah cerita. Lucunya, ada hoax menggelikan yang terkadang bisa memicu peperangan antar bangsa.

Lihat Juga : Download Kitab I'anatut Tholibin PDF

Maraknya berita hoax yang akhir-akhir ini melanda dunia media sosial (medsos) kita bukanlah hal baru. Dalam Islam, berita hoax bahkan sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW masih hidup. Suasana peperangan yang tidak pasti sering menjadikan berita-berita beterbangan lebih cepat nyaring dari denting pedang dan lebih cepat dari anak panah melesat meninggalkan busurnya. Padahal zaman dulu paling cepat juga orang hanya bisa naik kuda, nggak mungkin juga toh naik anak panah? Apalagi menyalip hoax. (Baca Juga : Download Kitab al-Ahkam al-Suthaniyah al-Mawardi)

Orang-orang Yahudi di Madinah pada zaman Nabi bahkan sudah menampakkan perilaku yang tidak bersahabat dan tidak dapat dipercaya sama sekali. Hoax ini bukan berita, tetapi hoax dalam bentuk sikap. Seorang pendeta Yahudi di Madinah bernama Hushain bin Salam yang masuk Islam setelah menguji Nabi dengan semacam ujian psikotest. Sang pendeta ini adalah orang terpandang dan terkenal pandai dan jujur di lingkungan penduduk Yahudi Madinah.


Lalu Nabi pun melakukan kroscek kepada orang-orang Yahudi lainnya, lucunya, orang-orang Yahudi ini segera menganulir status sosial dan kependetaan Hushain ini. Orang-orang Yahudi mengatakan kepada Nabi, “Engkau pendusta wahai Hushain. Wahai Muhammad, Hushain ini adalah orang yang tidak memiliki kedudukan di sisi kami. Tidak ada kebaikan pada dirinya,” kata mereka kemudian pergi meninggalkan Rasulullah. (Baca Juga : Kitab Tafsir al-Durrul Mantsur Full PDF)

Untung saja Nabi kroscek, iya dong, kalau tidak, apa kata dunia? Betapa cepatnya mereka update dan edit status.

Lihat Juga : MasyaAllah, TGB Menyejukan Dalam Acara QNA Metro TV #TanyaTuanGuru

Contoh berita hoax lainnya yang pernah terjadi dalam sejarah Islam adalah berita tentang tewasnya Sahabat Nabi yang bernama Utsman bin Affan. Saat itu, di tahun keenam Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menerima perintah perjalanan umrah. Nabi pun bertolak bersama sekitar 1400-an sahabatnya dari Madinah. Perjalanan ini bukan tanpa tantangan, berombongan di padang pasir melewati beberapa tempat berbahaya dan persimpangan yang biasa dijadikan lahan pembegalan besar-besaran.

Lihat Juga : 3 Makna Cinta Menurut Al-Qur'an

Perjalanan yang panjang di medan gurun membuat seringkali membuat para sahabat hampir-hampir tak kuasa menahan amarah. Perjalanan umrah yang semestinya bertujuan damai pun hampir-hampir diwarnai oleh beberapa pertumpahan darah. Beberapa sahabat mengusulkan kepada Nabi untuk melawan penghadangan-penghadangan dan gangguan-gangguan di perjalanan ibadah mereka. Beberapa orang menghadap Nabi meminta izin untuk melakukan tindakan kekerasan atau tindakan militer. Nggak kebayang kan bagaimana jadinya bila 1400-an orang diizinkan membalas?

So, untung ada seorang sahabat yang sangat bijak bernama Abu bakar yang selalu mengingatkan Nabi, “Ya Rasulullah, engkau keluar untuk melaksanakan umrah, bukan untuk memerangi siapapun. Maka fokuslah untuk itu! Siapa pun yang menghalangi kita dari keinginan itu, maka baru kita perangi mereka.”

Lihat Juga : 3 Pendapat Ulama Tentang Hukum Sunat Bagi Perempuan

Nabi bahkan terpaksa mengubah jalur untuk menghindari pertempuran dan penghadangan dari orang Makkah dan sekutu-sekutu sang kafir Quraisy. Rasulullah berusaha keras agar kedatangannya bersama rombongan ke Makkah dapat diterima dengan baik, bahwa kedatangan mereka bukan untuk berperang. Rasulullah berunding dengan perwakilan Quraisy yang menghadangnya di dekat kota Makkah dan mengutus beberapa orang yang dipimpin sahabat Utsman untuk berunding dengan para pemimpin Quraisy di pusat kota Makkah.

Pada saat-saat genting tidak menentu inilah kabar hoax itu bermula di antara kaum Muslimin. Beredar hoax yang entah diproduksi di mana, bahwa sahabat Utsman telah tewas. Memang utusan sebelum Utsman bernama Khirasy bin Umayyah al-Khuzai telah ditolak dan onta Nabi yang ditungganginya dibunuh. Masih untung penunggangnya dibiarkan pergi. Pengalaman inilah yang membuat rombongan galau tingkat dewa.

Lihat Juga : NU Dan Muhammadiyah - KH. Hasyim Muzadi

Mungkin berdasar hal itu, kepergian Utsman yang cukup lama lalu memunculkan ketidakpastian di hati para sahabat Nabi, hingga mereka pun mudah termakan hoax. Padahal justru sahabat Utsman diterima baik oleh Quraisy Makkah dan bahkan diizinkan untuk melaksanakan ibadah umrah. Akan tetapi Sahabat Utsman menolaknya dengan halus, beliau nggak enak dengan kawan-kawannya, khususnya dengan Nabi yang belum berhasil umrah dalam misi tersebut.

Menyikapi hoax yang semakin memanas ini, Nabi mengambil inisiatif untuk merapatkan barisan. Nabi meminta janji setia kepada para sahabatnya. Di mana inti janji setia ini sungguh sangat memberatkan para pengikut Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Siapa saja yang datang ke Madinah dari kota Makkah harus di kembalikan ke kota Makkah. Siapa saja dari penduduk Madinah yang datang ke Makkah, maka tidak boleh dikembalikan ke Madinah.” Duh, kayaknya nggak adil kan?

Lihat Juga : Strategi Dakwah Sunan Kali Jaga - Dr. H. Fachrudin Faiz

Meski begitu para sahabat tetap patuh, mereka setia pada janji untuk tetap saling menguatkan, bukan saling menjatuhkan. Tetapi lihatlah saat ini, saat para ulama sebagai para pewaris Nabi berbeda pendapat, yang kita lihat dan dengar, tidak jarang muncul ungkapan saling menjatuhkan. Celakanya, masing-masing yang berbeda pendapat ini, kita melihat banyak pengikut yang ceroboh. Mereka sibuk dan sangat bersemangat untuk saling serang dan saling menjatuhkan.

Parahnya, saat ini hoax menjadi senjata utama dalam aktifitas para pengikut ini. Hoax menjadi amunisi kekinian yang ditembakkan lewat beragam aplikasi sosial media yang kecepatannya melebihi jet-jet tempur Amerika dan Rusia sekalipun. Lalu akankah kita berharap umat Islam menjadi pemenang dalam percaturan dunia, bila para pengikutnya justru terlibat perang dan saling fitnah? Tentu tidak, dan oleh karena itu kita harus mengakhiri era hoax ini. Kita harus menjadi pribadi yang bijak yang saling menguatkan sesama saudara seiman.

Lihat Juga : Apa Hukum Oral Sex Dalam Islam.? (Menjilati Klitoris Istri)

Perbedaan pendapat bukan pemicu untuk saling menghantam. Perbedaan pendapat mestinya bisa digunakan untuk saling menopang. Lupakah kita pada sabda Nabi, “Seorang Muslim dengan Muslim lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling menguatkan.” Meski beda pendapat tetap bisa saling menguatkan toh?

*) Syaifullah Amin adalah Wakil Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU (/nwk)


Lihat Juga :

Keyword : kasus hoax di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, data hoax di indonesia 2019, contoh berita hoax dan faktanya, contoh berita hoax di facebook, berita hoax politik 2019, berita hoax 2019 di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, menkominfo, hoax, persentase berita hoax di indonesia, berita hoax 2019 di indonesia, contoh berita hoax dan faktanya 2019, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, contoh berita hoax 2019 di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, kumpulan berita hoax 2019, berita hoax politik 2019, data hoax di indonesia 2019, berita hoax indonesia 2019, berita hoax whatsapp, kasus hoax di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, data hoax di indonesia 2019, contoh berita hoax dan faktanya, contoh berita hoax di facebook, berita hoax politik 2019, berita hoax 2019 di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, menkominfo, hoax, persentase berita hoax di indonesia, berita hoax 2019 di indonesia, contoh berita hoax dan faktanya 2019, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, contoh berita hoax 2019 di indonesia, Hoax di Zaman Nabi Hingga Zaman Medsos, kumpulan berita hoax 2019, berita hoax politik 2019, data hoax di indonesia 2019, berita hoax indonesia 2019, berita hoax whatsapp, 
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: