Saturday, 6 October 2018

Ayat tentang Hoax (Tafsir Surat an-Nur Ayat 15)

author photo
Ayat tentang Hoax (Tafsir Surat an-Nur Ayat 15)

Surat al-Nur ayat 15 ini turun sebagai respon dan sekaligus jawaban atas kegelisahan Rasulullah. Ketika itu Rasul bingung bagaimana menyikapi fitnah atau berita bohong yang disebarluaskan Abdullah bin Ubay bin Salul. Abdullah bin Ubay ini menuduh Aisyah berduaan dengan Shafwan bin al-Mu’aththal al-Sulami.

Di tengah kebingungan itu, setelah menunggu lama, Allah menjelaskan kepada Nabi Muhammad melalui surat al-Nur ayat 11 sampai 22 bahwa Aisyah benar dan tidak berbohong. Yang berbohong itu justru kaum munafik seperti Abdullah bin Ubay. Sejak diturunkan surat al-Nur tersebut Rasulullah lega dan bahagia.

Di antara pelajaran yang dapat dipetik dari surat al-Nur ayat 11 sampai 22 ini adalah larangan untuk menyebarluaskan informasi yang belum jelas kebenarannya, apalagi kalau sampai menuduh orang dan menyakiti hati orang lain. Dalam al-Nur ayat 15, Allah SWT berfirman: 

إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ

“(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS: Al-Nur ayat 15)

Allah SWT mengecam perilaku orang-orang yang menyebarluaskan informasi tanpa mengetahui detail persoalan dan kebenaran informasi tersebut. Ketika menerima informasi sebaiknya diperiksa dulu dan diteliti ulang kebenarannya. Ibnu Asyur dalam tafsir Tahrir wa al-Tanwir mengingatkan bahwa adab seorang muslim adalah tidak menyampaikan apa yang dia tidak ketahui dan belum pasti kebenarannya. Jangan biasakan membicarakan dan menyebarluaskan informasi yang tidak kita ketahui kebenaran dan kepastiannya.

Menurut Ibnu Asyur, orang yang suka menyampaikan informasi yang belum jelas kebenarannya itu kemungkinan ada dua sebab: pertama, kurang cerdas, dia menyampaikan apa saja yang belum jelas duduk perkaranya. Orang seberti ini termasuk sebagai pembohong. Dalam hadis disebutkan, “Seorang termasuk pembohong bila menyampaikan setiap apa saja yang didengarnya”.

Kemungkinan kedua adalah mereka orang munafik, yaitu menyembunyikan kebenaran yang diyakininya dan menyampaikan informasi bohong yang sebetulnya dia sendiri tidak tahu kebenarannya.

Supaya kita tidak termasuk dua kelompok ini, pembohong dan munafik, telitilah kebenaran sebuah informasi sebelum menyampaikan dan menyebarluaskannya ke orang lain. Kalau memang tidak tahu kebenarannya lebih baik diam, tidak berkomentar, dan tidak menyebarkannya.

Asli : Tafsir Surat al-Nur Ayat 15 Tentang Larangan Menyebarkan Berita Bohong


Keyword :
ayat alquran tentang hoaxayat berita hoax ayat hoax ayat mengenai hoax ayat quran tentang hoax ayat tentang berita hoax ayat tentang hoax ayat yang menjelaskan tentang berita hoax ayat alkitab tentang hoax ayat alquran tentang hoax ayat berita hoax ayat hoax ayat mengenai hoax ayat quran tentang hoax ayat tentang berita hoax ayat tentang hoax ayat yang menjelaskan tentang berita hoax ayat alkitab tentang hoax ayat alquran tentang hoax ayat berita hoax ayat hoax ayat mengenai hoax ayat quran tentang hoax ayat tentang berita hoax ayat tentang hoax ayat yang menjelaskan tentang berita hoax hoax hoax adalah hoax artinya hoax analyzer hoax membangun hoax indonesia hoax 2018 hoax di indonesia hoax itu apa hoax news hoax aspartame hoax gempa lombok hoax kesehatan hoax or not hoax gempa hoax kominfo hoax terbesar hoax detector hoax radiasi hp hoax film 2018 hoax penculikan anak hoax telur ikan hoax 2017 hoax berita hoax tentang jokowi hoax tentang kesehatan hoax yayasan miracle hope hoax hari ini hoax apa artinya hoax gempa jawa hoax logo hoax pilpres hoax cpns 2018 hoax presiden uruguay masuk islam hoax masako mengandung babi Info Singkat Pertumbuhan Ekonomi MENGENAL INFLASI | APA ITU INFLASI.? Apakah Kita Tidak Perlu Bermadzhab.? Atasi Kemiskinan Dengan Bersedekah Manfaat Besar Menikah Muda, Jadi Tak Perlu Takut Sejarah Berdiri dan Perjuangan HMI Free Download KItab Bidayah Wan Nihayah - Imam Ibnu Katsir PDF Apa Itu Syaraf Kejepit.? | Mengenal Syarif Kejepit 4 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Tipes Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel Cara Menghilangkan Kerutan dan Ketuaan di Wajah Cara Mengobati Ambeien Secara Alami Tanpa Obat Cara Jitu Menghilangkan Amandel Dengan Cepat Sering Bercinta dan Sulit Hamil, Apakah itu berhubungan? Bagaimana Cara Agar Orgasme Berkali-kali | Tanya Istri Sering Bercinta dan Sulit Hamil, Apakah itu berhubungan? THE CITY SPENDS THE WORLD'S AGRICULTURAL LAND Tidak Haid = Tidak Bergairah.? Dampak Diet Vegetarian Terhadap Sperma Warna Lagit Tidak Biru 5 Gejala dan Tanda Awal kehamilan Dampak Poligami Terhadap Kesehatan Sang Istri

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement