Wednesday, 22 November 2017

5 Macam Aurat Perempuan Menurut 4 Madzhab

5 Macam Aurat Perempuan Menurut 4 Madzhab

5 Macam Aurat Perempuan Menurut 4 Madzhab


Aurat perempuan atau anggota tubuh yang harus ditutupi itu berbeda sesuai dengan situasi atau kondisi dengan siapa dia berkumpul atau bertemu. Apakah dengan sesama wanita, dengan laki-laki bukan mahram, dengan pria yang mahram atau saat shalat. Penjelasan ini berdasarkan pandangan ulama fiqih madzhab empat yaitu Syafi'i, Hanafi, Maliki dan Hanbali.

1. Aurat Perempuan dengan Sesama Wanita Muslimah

Jumhur Ulama berpendapat bahwa aurat wanita di depan perempuan lain sama dengan auratnya laki-laki yaitu antara pusar sampai lutut. Dalam kitab Al-Mausu'ah al-Fiqhiyah dikatakan:
ذهب الفقهاء إلى أن عورة المرأة بالنسبة للمرأة هي كعورة الرجل إلى الرجل، أي ما بين السرة والركبة، ولذا يجوز لها النظر إلى جميع بدنها عدا ما بين هذين العضوين ، وذلك لوجود المجانسة وانعدام الشهوة غالبا ، ولكن يحرم ذلك مع الشهوة وخوف الفتنة.
“Para ahli fiqih berpendapat bahwa aurat wanita dengan sesama perempuan itu sama dengan aurat laki-laki yaitu antara pusar sampai lutut. Oleh karena itu wanita boleh memandang seluruh tubuh wanita lain kecuali antara pusar dan lutut. Hal itu disebabkan karena sesama jenis dan umumnya tidak ada syahwat. Akan tetapi haram hukumnya apabila melihat disertai syahwat dan takut terjadi fitnah.”

Namun menurut suatu pendapat dalam madzhab Maliki dan Hanbali, aurat wanita dengan wanita lain adalah kedua kemaluan depan dan belakang saja. Menurut Imam al-Mardawi dalam kitab al-Inshaf mengtakan bahwa ini adalah salah satu pendapat dalam madzhab Hanbali.

2. Aurat Anak Perempuan (Belum Baligh)

Anak kecil perempuan usia di bawah 4 (empat) tahun maka tidak ada aurat baginya menurut madzhab Hanafi, Maliki dan Hanbali.

Anak kecil perempuan usia di atas 4 (empat) tahun dan belum mengundang syahwat maka auratnya adalah depan dan belakang (farji dan dubur) menurut madzhab Hanafi. Apabila mengundang syahwat, maka auratnya sama dengan perempuan dewasa walaupun usianya di bawah 10 tahun menurut madzhab Syafi'i, Hanafi dan Maliki.

Anak perempuan usia 7 (tujuh) tahun ke atas, auratnya di depan laki-laki bukan mahram adalah seluruh tubuh menurut madzhab Hanbali kecuali wajah, leher, kepala, tangan sampai siku dan kaki.

Anak perempuan usia 10 tahun auratnya sama dengan wanita usia dewasa yakni seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan menurut madzhab Syafi'i, Hanafi dan Hanbali.

3. Aurat Perempuan dengan Laki-laki Bukan Mahram

Madzhab Syafi'i: Di depan laki-laki yang bukan mahram seluruh tubuh wanita adalah aurat (harus ditutup) kecuali wajah, telapak tangan dan telapak kaki. Dalam kiab al-Umm juz I halaman 89, Imam asy-Syafi'i berkata:
وكل المرأة عورة، إلا كفيها ووجهها. وظهر قدميها عورة
“Seluruh tubuh wanita itu aurat kecuali kedua telapak tangan dan wajah. Sedang bagian atas kaki adalah aurat (telapak kaki bukan aurat).”

Madzhab Maliki: Madzhab Maliki sama dengan Madzhab Syafi'i bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Imam ‘Iyadh Rh. Berkata:
ولا خلاف أن فرض ستر الوجه مما اختص به أزواج النبي صلى الله عليه وسلم
“Tidak ada perbedaan ulama mengenai wajibnya menutupi wajah wanita, itu (wajibnya menutupi wajah) termasuk salah satu kekhususan bagi para istri Nabi Saw.”

Madzhab Hanafi: Seluruh ulama madzhab Hanafi berpendapat bahwa wajah dan kedua tangan perempuan boleh terbuka/bukan aurat. Dan laki-laki boleh memandang wajah perempuan asal tidak syahwat. Abu Ja’far ath-Thahawi dalam Syarh Ma'ani al-Atsar juz II halaman 392 menyatakan:
أبيح للناس أن ينظروا إلى ما ليس بمحرَّم عليهم من النساء إلى وجوههن وأكفهن، وحرم ذلك عليهم من أزواج النبي. وهو قول أبي حنيفة وأبي يوسف ومحمد رحمهم الله تعالى
“Diperbolehkan bagi seseorang untuk memandang sesuatu dari perempuan yang tidak diharamkan atasnya, yakni wajah dan telapak tangan mereka. Diharamkan yang demikian itu (memandangnya) adalah bagi para istri Nabi Saw. Yang demikian itu adalah pendapat Abu Hanifah dan Abu Yusuf dan Muhammad Rahimahumullahu ta’ala.”

Madzhab Hanbali: Madzhab Hanbali termasuk yang paling ketat dalam masalah aurat wanita. Imam Ahmad bin Hanbal pendiri madzhab ini berpendapat dalam salah satu riwayat bahwa seluruh tubuh wanita adalah aurat termasuk kukunya, baik saat shalat maupun di luar shalat. Namun dalam riwayat yang lain Imam Ahmad bin Hanbal menyatakan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan mahram. Imam al-Mardawi dalam kitab al-Inshaf juz I halaman 452 berkata:
الصحيح من المذهب أن الوجه ليس من العورة
“Bahwa yang benar dari Madzhab Hanbali adalah berpendapat wajah bukanlah aurat.”

4. Aurat Perempaun dengan Laki-laki Mahram

Madzhab Syafi'i: Aurat wanita saat bersama dengan laki-laki mahram adalah antara pusar sampai lutut. Itu berarti sama dengan aurat wanita dengan sesama wanita. Berdasarkan keterangan Imam Khatib asy-Syarbini dalam kitab Mughni al-Muhtaj juz I halaman 185 dan juz III halaman 131.

Madzhab Maliki: Ulama Madzhab Maliki berpendapat bahwa aurat perempuan di depan laki-laki mahram adalah selain wajah dan sekitar wajah yakni kepala dan leher. Sebagaiman keterangan Imam Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni juz VI halaman 554, Kasyaf al-Qina' juz V halaman 11 dan ad-Dasuqi juz III halaman 214.
Madzhab Hanbali: Ulama Madzhab Hanbali berpendapat bahwa aurat perempuan di depan laki-laki mahram adalah selain wajah dan sekitar wajah yakni kepala, leher, tangan dan saq (antara lutut sampai telapak kaki). Sebagaiman keterangan Imam Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni juz VI halaman 554, Kasyaf al-Qina' juz V halaman 11 dan ad-Dasuqi juz III halaman 214.

Madzhab Hanafi: Aurat wanita di depan laki-laki mahram adalah sama dengan pendapat Madzhab Maliki dan Hanbali yaitu selain wajah, kepala dan leher ditambah dada. Dalam Madzhab Hanafi laki-laki boleh memandang dada wanita mahram apabila tidak syahwat. Berdasarkan keterangan dalam kitab Hasyiyah Ibnu ‘Abidin juz I halaman 271.

5. Aurat Perempuan Ketika Shalat

Menutupi aurat ketika shalat adalah wajib dilakukan sejak awal sampai akhir shalat. Apabila aurat terbuka di tengah shalat tanpa sengaja, maka shalatnya tidak batal asalkan sedikit dan segera ditutup. Apabila terbukanya secara sengaja maka shalatnya batal dan wajib mengulangi. Batas aurat wanita saat shalat menurut madzhab yang 4 (empat) adalah:
Madzhab Syafi'i: Ketika shalat seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan luar dan dalam.

Madzhab Hanafi: Ketika shalat aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali; telapak tangan bagian dalam (bagian luar telapak tangan termasuk aurat) dan bagian luar telapak kaki (telapak kaki bagian dalam adalah aurat).

Madzhab Hanbali: Ketika shalat aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah.
Madzhab Maliki: Dalam Madzhab Maliki membagi aurat wanita ketika shalat menjadi 2 (dua) yaitu mughalladzah (berat) dan mukhaffafah (ringan) dan masing-masing memiliki hukum tersendiri. Aurat mughalladzah adalah seluruh anggota tubuh selain seputar kepala, dada dan punggung atau antara pusar sampai lutut. Aurat mukhaffafah (ringan) adalah seluruh tubuh selain dada, punggung, leher, lengan (antara siku sampai pergelangan tangan) dan dari lutut sampai akhir telapak kaki atau selain pusar sampai lutut kaki. Terbukanya aurat mughalladzah ketika shalat dapat membatalkan shalat. Sedang terbukanya aurat mukhaffafah tidak membatalkan shalat. Akan tetapi disunnahkan mengulangi shalat apabila waktu mencukupi.

Itulah aurat perempuan dari balita sampai dewasa berdasarkan pendapat 4 Madzhab. Semoga info berikut bermanfaat untuk anda sendiri dan anak anda. Jagalah aurat karena aurat mencerminkan iman dan akhlak kita.

Wallahu'Alam Bisshawwab

Lihat Juga :
5 Macam Aurat Perempuan Menurut 4 Madzhab

Keyword :
aurat, aurate, aurat wanita, aurat foundation, aurat ki, aurat meaning, aurat perempuan, aurat lelaki, auratus cichlid, auratone, aurat in hindi, aurat in english, aurat movie, aurat islam, aurat kaifi azmi, aurat serial, aurat meaning in urdu, aurat 1967, aurat adalah, aurat aurat aurat, aurat adik beradik tiri, aurat adik beradik, aurat aur parda, aurat anak tiri, aurat anak susuan, aurat aur islam, aurat anak angkat, aurat aurat aurat movie, aurat bachcha kaise deti hai, aurat by osho pdf, aurat bewafa, aurat bagi wanita, aurat bapa tiri, aurat bagi lelaki, aurat bewafa shayari, aurat bagi laki laki, aurat by kaifi azmi in hindi, aurat bachcha paida karti, surat cinta untuk starla, aurat chalisa, aurat chahiye, surat cinta untuk starla chord, aurat clipart, aurat com, surat city, aurat cast, aurat cowok, surat cinta, aurat dalam islam, aurat delivery video, aurat dengan mertua, aurat dengan bapa tiri, aurat dengan abang ipar, aurat dengan ayah tiri, aurat delivery, aurat dalam keluarga, aurat drawing, aurat dengan ipar, aurat ek khilona aurat english aurat english meaning aurat etymology aurat ek paheli song aurat essay aurat ek nasha aurat eid ki namaz aurat ek paheli pakistani movie aurat ek khilona movie aurat garam aurat ghar ki zeenat aura garrido aura group aurat ghazal aura glow aura guardian aura gold aura graphics aura grande aurat hindi aurat hindi movie aurat hindi film aurat hadees aurat hindi meaning aurat hindi poem aurat hadis aurat hai main mehbuba aurat hone ki saza aurat hindi movie 1967 aurat in islam aurat image aurat in urdu aurat in quran aurat in arabic aurat isteri aurat ibu dengan anak lelaki aurat ibu tiri aurat jaat aurat jokes aurat jab mohabbat karti hai aurat jenazah wanita aurat kab napak hota hai aurat jankari aurat jins aur jazbat read online aurat jins aur jazbat aurat jaga akhlak terpelihara aurat jins aur jazbat free download aurat ka aurat ki photo aurat ko aurat ka chakkar babu bhaiya aurat ke aurat ka chakkar aurat ki delivery aurat ka parda aurat kya hai aurat lelaki dengan lelaki aurat lyrics aurat laki laki dan perempuan aurat lelaki mengikut mazhab aurat lelaki dengan perempuan aurat lelaki dan wanita aurat lelaki dan perempuan aurat lelaki ketika solat aurat lelaki islam aurat meaning in english aurat mard aurat meaning in arabic aurat muslimah aurat meaning in telugu aurat meaning in islam aurat mp3 aurat ne janam diya aurat nama aurat natak aurat ne janam diya lyrics in hindi aurat ne janam diya mp3 aurat nazm aurat new york aurat ngo aurat narak ka dwar hai aurat namaz kaise padhe aurat old movie aurat or mard aurat orang tua aurat or parda aurat old movie songs aurat ok aurat or islam aurat open aurat old mp3 audit outline aurat publication and information service foundation aurat perempuan dengan perempuan aurat pregnant kaise hoti hai aurat poetry aurat patane ke tarike aurat picture aurat photo aurat pregnant aurat par ghusl aurat quotes aurat quotes in hindi aurat qabristan ja sakti hai aurat quotes in punjabi aurat quran aurat qurbani kar sakti hai aurat quotes images aurat quotes in english aurat quran ki nazar main aurat raj aurat raaj aurat raftaar lyrics aurat raftaar aurat rabbani aurat rambut aurat rumah aurat raftaar mp3 aurat rajesh khanna movie aurat rajesh khanna aurat shayari aurat song aurat suami isteri aurat shayari in urdu aurat se aurat status aurat sesama wanita bukan islam aurat sesama perempuan aurat se pyar aurat teri yehi kahani aurat teri yehi kahani mp3 aurat teri aurat teri yehi kahani song aurat translate in english aurat teri yehi kahani full hd movie aurat tangan wanita aurat tv aurat tangan aurat teri yehi kahani 1988 aurat urdu poetry aurat urdu aurat urdu shayri aurat untuk lelaki aurat urdu quotes aurat untuk wanita surat undangan aurat untuk laki laki aurat urdu book aurat untuk perempuan aurat vashikaran aurat vashikaran totke in hindi aurat vs fesyen aurat vashikaran totke aurat varavendum aurat vashikaran ke upay aurat video song aurat vashikaran mantra in hindi aurat vashikaran upay aurat vashikaran yantra aurat wanita dengan wanita aurat wanita dalam solat aurat wanita ketika solat aurat wallpaper aurat wanita tua aurat wanita islam aurat wanita dalam al quran aurat wanita dihadapan muslimah adalah aurat wiki aurat youtube surah yasin aurat yoni surah yusuf surah yaseen pdf surah yusuf ayat 4 surah yunus surah yasin rumi surah yaseen full surah yaseen mp3 aurat zaat aurat zaat by manto aurat zaad aurat zaat novel aurat zaad novel free download aurat zaad by amjad javed aurat zaat shayari aurat zaat novel download aurat 1940 aurat 1953 aurat 1940 songs aurat 1953 songs aurat 1967 full movie aurat 1967 cast aurat 1935 mein paida hue aurat 1940 cast aurat 1986 aurat 2 line poetry aurat 25 aurat 23 adhoori aurat 20 episode dailymotion adhoori aurat 26 episode dailymotion adhoori aurat 25 adhoori aurat 24 adhoori aurat 27 adhoori aurat 21 adhoori aurat 23 aurat 4 mazhab aurat menurut 4 mazhab adhoori aurat 4 aurat lelaki 4 mazhab aurat wanita 4 mazhab aurat menurut 4 madzhab aurat menurut 4 imam aurat wanita menurut 4 mazhab surat yusuf ayat 4 aurat perempuan menurut 4 mazhab adhoori aurat 5 surah annisa ayat 59 auray 56 adhoori aurat 6 adhoori aurat 7 aurat k 7 roop adhoori aurat 8 adhoori aurat 9 Good Idea this blog is verry nice, Thanks for information and good Site and The best Author Obat Hernia Cara Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah CaraMengobatiHerniapadaBayi Obat Hidrokel Obat Herbal Hernia Obat Turun Berok Obat Hernia Bayi Obat Hernia Anak Obat Hidrokel Anak Cara Menyembuhkan Hidrokel Baja Ringan Tangerang Penjual Baja Ringan di Tangerang Indonesia Tanggung Jawab Kita Apa Status Anak Dari Hasil Nikah Mut’ah.? Evolusi Makanan Khas Magelang : Getuk Keju
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: