Senin, 20 Maret 2017

Khutbah Jum'at Pakai Slide Presentasi.?

Khutbah Jum'at Pakai Slide Presentasi.?

Selamat Datang di طَلَبُ الْعَلْمِ

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Pada prinsipnya memang kita tidak menemukan adanya dalil yang melarang penggunaan alat peraga dalam sebuah khutbah jumat. Bahkan beberapa riwayat menyebutkan terjadinya dialog antara Rasulullah SAW dengan salah satu jamaah dalam suasana khutbah jumat.

Padahal selama ini yang kita tahu, jamaah shalat jumat diharamkan untuk berbicara satu sama lain. Jangankah berbicara, sekedar mengatakan "Diamlah", sudah termasuk berbicara.

Kenyataan adanya dialog yang terjadi di dalam khutbah jumat ini kemudian dikomentari oleh para ulama. Mereka mengatakan dialog itu hanya dibenarkan bila terjadi antara khatib dengan jamaah, bukan antara sesama jamaah.

Di sisi lain, kita juga menemukan riwayat bahwa Rasulullah SAW ketika berkhutbah pernah membawa pedang, tongkat atau benda lainnya. Pedang itu tentu saja bukan hanya dipegang, tetapi juga diacung-acungkan. Sedangkan tongkat dipegang sesuai dengan gunanya, yaitu untuk menyangga tubuh.

Apakah pedang dan tongkat itu bisa dikiaskan dengan penggunaan projector dan presentasi? Nampaknya hal ini masih menjadi perdebatan para ulama. Sebagian memandang bahwa hal itu tidak masalah, bahkan banyak gunanya. Karena bisa meningkatkan kualitas penyajian khutbah.

Namun sebagian kalangan punya anggapan terbalik. Justru penggunaan alat peraga itu malah mengganggu kekhusyuan dan kekhidmatan khutbah jumat. Apalagi bila file yang ditampilkan penuh animasi lengkap dengan suara efek, bahkan seringkali malah berupa klip film. Bagi ulama kalangan ini, kalau hal ini didiamkan saja, jangan-jangan nanti suasana khutbah jumat berubah jadi nonton film, karena presentasi akan semakinbagus bila dilengkapi dengan berbagai ilustrasi gambar bergerak (baca: film). Hal inilah yang menjadikan sebagian ulama itu masih mempermasalahkannya.

Yang jelaskita memang tidakmendapatkan dalil bahwa Rasulullah SAW pernah menggunakan alat peraga tertentu dalam khutbahnya. Kalau pun ada, sesungguhnya peragaan-peragaan yang pernah kita dapati dari riwayat beliau nampaknya bukan dalam konteks shalat Jumat.

Misalnya, beliau pernah diriwayatkan membuat garis di atas tanah (semacam diagram), untuk menjelaskan suatu masalah. Namun riwayat ini jelas menunjukkan bahwa hal itu terjadi di luar khutbah jumat.

Maka kalau di Malaysia sudah dijalankan khutbah dengan penggunakan slide presentasi, tentu mereka termasuk kalangan yang moderat dan meluaskan hukum. Dan tentunya mereka berangkat dari pemahaman bahwa tidak ada larangan secara khusu dalam masalah ini.

Namun tidak aneh bila fenomena seperti itu pasti akan menuai protes dan ketidak-setujuan. Paling tidak, protes itu akan datang dari kalangan yang memandang bahwa presentasi menggunakan slide itu malah mengganggu kekhusyuan dan hidmatnya khutbah.

Wallahu a'lam bishshawab,

wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,



Artikel Lainnya :
Dimanakah Orang Tua Nabi Muhammad S.A.W.?
Kembali Kepada Al-Qur'an Dan Sunnah Melalui Sanad Ilmu (ULAMA)


Keyword :

khutbah jumat, 
khutbah jumat singkat, 
khutbah jumat maulid nabi, 
khutbah jumat terbaru, 
khutbah jum'at bulan rabiul awal, 
khutbah jum'at akhir tahun, 
khutbah jumat 2017, 
khutbah jumat pdf, 
khutbah jum'at terbaik, 
khutbah jumat lengkap, 
khutbah jumat bahasa jawa, 
khutbah jum'at akhir zaman, 
khutbah jum'at awal tahun, 
khutbah jum'at akhir bulan rabiul awal, 
khutbah jum'at arab, 
khutbah jumat arifin ilham, 
khutbah jum'at arab latin, 
khutbah jumat aswaja, 
khutbah jumat akhlak mulia, 
khutbah jum'at adalah, 
khutbah jumat bahasa sunda, 
khutbah jumat bulan maulid, 
khutbah jum'at bulan jumadil awal, 
khutbah jum'at bulan rabiul akhir, 
khutbah jum'at bulan safar, 
khutbah jum'at bulan maulud, 
khutbah jum'at basa jawa, 
khutbah jumat bahasa arab, 
khutbah jum'at cinta rasul, 
khutbah jum'at cinta dunia takut mati, 
khutbah jum'at cinta kepada allah, 
khutbah jum'at cinta nabi
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: